Mudah !! Cara Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus

Cara Menghilangkan Virus Shortcut



Virus shortcut sering muncul dalam media penyimpanan flashdisk atau tempat lainnya dan menjadi salah satu masalah bagi para pengguna komputer operating system Windows. Biasanya, virus ini muncul karena flashdisk tersebut telah terinfeksi oleh virus yang ada dalam media lainnya, seperti hal nya bisa dari komputer itu sendiri atau sebaliknya.


Pengenalan Virus Shortcut

Apa itu Virus Shortcut ?

Virus shorcut adalah virus yang membuat file yang berada atau tersimpan dalam media penyimpanan fisik tersebut menjadi sebuah icon shortcut yang tidak dapat digunakan dan dibuka kembali oleh pengguna.

Virus shortcut merupakan salah satu virus yang termasuk kedalam Virus Rammit yang dapat menyebar dan menginfeksi komputer pada Januari tahun 2011 virus ini menginfeksi jutaan komputer dan media lainnya. Virus ini dapat menginfeksi file berformat DLL dan EXE yang biasanya format ini berada dalam file sistem pada operating system.

Namun, dari kebanyakan media penyimpanan fisik yang banyak terinfeksi oleh virus ini adalah penyimpanan eksternal seperti flashdisk dan sejenisnya.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus

Mungkin bagi kalian yang memiliki perangkat yang sudah terinfeksi virus ini dan belum tahu cara menghilangkan nya, silahkan ikuti tips berikut ini:

Cara pertama dengan command prompt

  • Colokkan flashdisk ke port USB komputer
  • Lalu buka flashdisk tersebut
  • Kemudian click Organize dan click Folder and search options
  • Aktifkan pilihan Show hidden files, folders, and drives lalu uncheck pada Hide protected operating system files (Recommended), jika muncul pesan click saja Yes
  • Pada tahap ini folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul, hanya saja masih belum semuanya
  • Untuk membuatnya normal, gunakan menu command prompt
  • Ketik drive lokasi flashdisk tersebut, misal pada drive G, maka ketik G: pada command prompt
  • Hapus file shortcut yang dihasilkan oleh virus di flashdisk, dengan cara mengetikkan del *.lnk s/ d/ kemudian tekan Enter, jika muncul error, cukup ketik del *.lnk dan tekan Enter
  • Selanjutnya, ketikkan attrib -s -r -h /s /d di command prompt dan tekan Enter, jika muncul error, cukup ketik  -s -r -h dan tekan Enter
  • Tunggu proses perubahan attribute ini sampai selesai, setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal

Perlu diperhatikan bahwa saat membersihkan virus shorcut dengan menggunakan command prompt ada kemungkinan virus di flashdisk tersebut menyebar kedalam komputer, bila tidak hati-hati atau masih tetap terjadi kembali. 

Cara kedua dengan menggunakan operating system Linux

Bila menggunakan cara kedua ini kita membutuhkan operating system Linux. Namun, tidak perlu khawatir komputer yang digunakan akan ikut terinfeksi virus shortcut tersebut. 

Cukup mount flashdisk tersebut ke komputer dengan operating system Linux. Buka isi flashdisk dan hapus berkas shortcut (dengan format .lnk). Biasanya Dengan cara ini virus tersebut tidak akan muncul kembali.


Itulah Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus yang dapat dibagikan dan dibahas kali ini sebagai tips yang mungkin cukup berguna bagi para pengguna komputer.

Mungkin jika kalian suka dengan postingan ini tolong bagikan kepada teman lainnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama