Basic Komputer : Mengenal Komponen Dalam Komputer (Hardware)

Mengenal Komponen komputer


Dalam era digital ini pasti banyak orang yang menggunakkan komputer untuk membuat konten, marketing online sampai mencari informasi dengan komputer, tapi mungkin saja banyak orang yang masih bingung dan bertanya-tanya tentang apa saja yang ada dalam komputer berserta apa fungsinya. 

Komponen Hardware Komputer 

Komponen hardware komputer terdiri dari beberapa bagian penting yang bekerja bersama-sama untuk menjalankan fungsi komputer. Berikut adalah beberapa komponen hardware komputer yang umum:

1. Motherboard: 

Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama yang menghubungkan semua komponen hardware. Komponen ini dibuat untuk menyediakan jalur komunikasi mulai dari CPU, RAM, Graphic Card (GPU/VGA), Jumper, Power Suplay lainnya.

Baca Selengkapnya Tentang: Motherboard Komputer: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya 


2. Prosesor (CPU): 

Processor

Prosesor adalah otak komputer yang bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi dan mengkoordinasikan aktivitas sistem. Ini adalah komponen terpenting dalam sebuah komputer.

Baca Selengkapnya Tentang : Prosesor Komputer: Mengenal dan Memilih Yang Tepat


3. RAM (Random Access qMemory): 

RAM

RAM adalah tempat penyimpanan sementara untuk data dan program yang sedang dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data atau tugas multitasking yang dapat dijalankan lalu diakses dengan cepat oleh prosesor.

Baca Selengkapnya Tentang : RAM Komputer Secara Mendetail: Fungsi, Jenis, dan Tips Memilih


4. Penyimpanan (HDD/SSD):

Hardisk (Hard Disk Drive dan Solid State Drive)


Hard Disk Drive (HDD) atau Solid State Drive (SSD) adalah tempat penyimpanan permanen untuk sistem operasi, program, dan data. HDD menggunakan piringan magnetis untuk menyimpan data, sedangkan SSD menggunakan chip flash memory. SSD lebih baik dan lebih cepat proses penyampaian datanya ketimbang HDD hal ini akan mempengaruhi cara kerja prosesor 

Baca Selengkapnya Tentang : Penyimpanan Hardisk Komputer (HDD/SSD): Panduan Lengkap untuk Pemula


5. Graphic Card (GPU/VGA): 

VGA Card

Graphic Card atau GPU bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar dan video pada layar komputer. Ini sangat penting untuk gaming, desain grafis, dan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan grafis yang intensif. Semakin baik kualitas Graphic Card maka semakin tinggi dan bagus resolusi gambar yang dihasilkan oleh komputer.

Baca Selengkapnya Tentang: Graphic Card (GPU/VGA): Panduan Komputer 


6. Fan (Kipas)

Fan Komputer

Fan komputer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mendinginkan suhu komponen-komponen dalam komputer. Komputer menghasilkan panas saat beroperasi, terutama pada prosesor dan kartu grafis yang bekerja dengan intensitas tinggi. Jika suhu komponen-komponen ini tidak dikendalikan dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras dan mengurangi kinerja komputer.

Baca Selengkapnya Tentang : Fan Komputer: Meningkatkan Performa dan Mencegah Overheating


7. Power Supply Unit (PSU): 

PSU (Power Suplay Unit)

PSU adalah perangkat yang menyediakan daya listrik untuk komputer. Ini mengubah arus listrik dari sumber daya listrik menjadi daya yang dapat digunakan oleh komponen komputer.

Baca Selengkapnya Tentang : Power Supply Unit (PSU) Komputer: Pengenalan, Fungsi dan Jenisnya


8. Monitor: 

LED / LCD Monitor


Monitor adalah perangkat output yang menampilkan informasi gambaran atau hasil visualisasi dari komputer. Ini adalah tampilan tempat Anda melihat gambar, teks, dan video. Ini adalah salah satu komponen Hardware terpenting yang harus dimiliki.


9. Keyboard dan Mouse: 

Keyboard dan Mouse

Keyboard dan mouse adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan perintah ke dalam komputer. Keyboard digunakan untuk mengetik teks, perintah, dan shortcut, sedangkan mouse digunakan untuk mengontrol kursor dan memilih objek di layar.

Baca Selengkapnya Tentang : Mouse dan Keyboard : Juga Bagian Dari Komputer


10. Sound Card: 

Sound Card


Sound card komputer, juga dikenal sebagai kartu suara atau audio card, adalah perangkat keras yang terpasang di dalam komputer dan bertanggung jawab untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog yang dapat didengar oleh telinga manusia melalui speaker atau headphone. Sound card ini bekerja dengan mengonversi data digital menjadi gelombang suara yang dapat diproses dan dihasilkan oleh perangkat audio eksternal.

Baca Selengkapnya Tentang : Sound Card Komputer: Meningkatkan Kualitas Audio dan Pengalaman Multimedia


11. Baterai CMOS

Baterai CMOS


Baterai CMOS (Complementary Metal-Oxide-Semiconductor) adalah komponen penting dalam komputer yang bertanggung jawab untuk menyimpan pengaturan BIOS, termasuk waktu, tanggal, dan konfigurasi perangkat keras lainnya.

Baca Selengkapnya Tentang : Baterai CMOS Komputer: Fungsi, Penggantian, dan Tips Perawatan

Itulah pembahasan tentang Basic Komputer : Mengenal Komponen Dalam Komputer (Hardware). Itu  hanya sebagian dari komponen hardware komputer yang ada. Ada juga komponen lain seperti kartu TV, kartu Wi-Fi, dan banyak lagi, tergantung pada kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama