5 Berita Trending Topik Ditahun 2023




 Sekarang pada postingan ini dibuat dan dipublikasikan adalah pada akhir tahun Desember 2023, pastinya kita akan beranjak berganti tahun menjadi 2024. Sebelum kita menginjak tahun 2024 disini kita akam membahas tentang 5 Berita Viral Yang Top Trending Ditahun 2023 , pada postingan ini kita akan flashback sedikit tentang kejadian yang viral dan trending pada tahun 2023.

5 Berita Viral Yang Top Trending Ditahun 2023:


1. Perayaan Tanggal 28 Januari 2023 

Perayaan 28 Januari


"Perayaan 28 Januari 2023" adalah satu kata kunci yang sedang trending di mesin pencarian Google karena viral di TikTok. Beberapa akun memposting tentang tanggal tersebut, seperti akun @story.beby dan @_rzlmh, yang menimbulkan rasa penasaran di kalangan netizen. 

Postingan ini mencapai 1,1 juta views dan menimbulkan spekulasi tentang apa yang akan terjadi pada tanggal tersebut. Tapi, belum ada informasi yang jelas. Namun ada 3 berita yang terjadi pada tanggal 28 Januari 2023 dan dianggap penyebab tanggal tersebut menjadi viral, yaitu :

  • International Reducing CO2
  • Hari Privasi Data
  • Event KOF (King Of Fighter) Bingo
Entah mana yang menjadikan tanggal ini trending dan viral. Namun itulah informasi menurut hasil survei.

2. Bima Kritik Jalan Rusak Lampung


Bima Kritik Jalan Rusak


Sebuah peristiwa yang terjadi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Bima, seorang warga Kota Bandar Lampung, mengkritik kondisi jalan yang rusak di depan rumahnya melalui media sosial TikTok. 

Kritikannya tersebut mendapat perhatian baik atau beranggapan positif tapi tidak sedikit pula netizen yang beranggapan negatif. Hal ini membuat perhatian dari pemerintah setempat sampai kepada Pak Presiden RI Jokowi Dod, sehingga membuat perbaikan jalan tersebut menjadi prioritas untuk diperbaiki.

Namun , hal ini menjadi contoh bagaimana media sosial dapat menjadi sarana untuk menyampaikan aspirasi dan kritik terhadap pemerintah. Dalam hal ini, kritik Bima terhadap kondisi jalan yang rusak di depan rumahnya dapat memicu perhatian dan tindakan dari pihak yang berwenang.

3. Mata Siswi Dicolok Tusuk Pentol Baso


Mata Siswi Dicolok Tusuk Sate

Seorang siswi SD di Kecamatan Menganti, Gresik, berusia 8 tahun mengalami kebutaan pada mata kanannya setelah dicolok kakak kelasnya menggunakan tusuk pentol. Insiden ini terjadi pada Senin 7 Agustus 2023 lalu, saat korban diminta ke luar ruangan untuk mengikuti lomba Agustusan. 

Korban ditarik ke sebuah lorong dan dimintai uang jajan secara paksa, dan menolak memberikan uang dan akhirnya dicolok menggunakan tusuk bakso dari atas ke bawah. Mata kanan korban mengeluarkan darah yang mengotori seragam putihnya. 

Pihak kepolisian telah melakukan pemeriksaan MRI dan tidak menemukan kelainan apapun pada mata korban. Namun, mata kanan korban mengalami kebutaan, sedangkan mata kiri dalam keadaan baik-baik saja. Pihak medis tidak bisa memastikan kesembuhan mata korban karena bagian dari reaksi obat. 

4. Video Hoaks "Peluncuran Matahari Buatan China"

Video Hoaks "Peluncuran Matahari Buatan China"

Proyek ini Yang disebut "Matahari Buatan" negara China ini lagi-lagi membuat gemparkan warga net dengan ada video yang beredar tentang peluncuran proyek matahari buatan ini. Dalam video tersebut pengunggah menyertakan cuplikan video berdurasi 30 detik. Terlihat beberapa orang mengambil video dari benda bercahaya yang melesat ke langit tersebut.

"China baru saja meluncurkan matahari buatan mereka… Apa yang terjadi kalau meledak di udara ya.." tulis keterangan pengunggah video.

Video yang beredar di media sosial itu bukanlah matahari buatan, tapi itu adalah video lama saat peluncuran roket pembawa Long March 7A, yang disebut sebagai rokter Changqi A, pada 23 Desember 2021


5. Perang Palestina dan Israel 

Konflik antara Palestina dan Israel telah berlangsung selama bertahun-tahun dan memiliki sejarah yang kompleks. Konflik ini melibatkan masalah wilayah, agama, politik, dan hak asasi manusia. Salah satu penyebab utama konflik ini adalah perbedaan klaim terhadap tanah yang sama di wilayah Israel dan Palestina.

Pada tahun 1948, negara Israel didirikan, yang menyebabkan konflik dengan negara-negara Arab di sekitarnya, termasuk Palestina. Sejak itu, terjadi serangkaian perang dan konflik bersenjata antara Israel dan Palestina. Salah satu wilayah yang menjadi fokus konflik adalah Jalur Gaza, yang dikuasai oleh kelompok militan Palestina, Hamas.

Konflik ini telah mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerusakan infrastruktur di kedua belah pihak. Upaya perdamaian dan penyelesaian konflik telah dilakukan, termasuk melalui negosiasi dan perjanjian internasional, seperti Perjanjian Oslo pada tahun 1993. Namun, hingga saat ini, konflik tersebut masih belum terselesaikan dan terus berlanjut.


Namun ini hanyalah sebuah informasi berdasarkan survey dan bukan untuk tujuan apapun selain membahas tentang kenangan ditahun 2023 silam.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama