5 Fakta Keluhan Player Minecraft 2022

5 Fakta Keluhan Player Minecraft


Minecraft - Siapa yang tidak kenal dengan game populer yang satu ini, game java dengan genre survival yang cukup seru dan menantang. Selain itu game ini adalah game yang dapat membuat player dapat mengkreasikan ide-ide kreatifitas yang berada dalam imajinasi kita.

Sayangnya, game ini dari waktu ke waktu semakin berkurang Player nya dikarnakan banyak alasan dan berikut ini adalah

5 Fakta Keluhan Player Minecraft 2022

1. Semakin Tingginya Spesifikasi Minimal Game Minecraft.

Dulu game Minecraft ini dapat dimainkan di desktop dengan kategori Low-End PC atau desktop dengan spesifikasi rendah jelasnya game ini dapat dimainkan dalam pc dengan spesifikasi minimal RAM 1,5 gb namun sekarang seiring versi terbaru dengan update fitur terbaru game ini semakin berat.

Minecraft Minimun System Requirement (OLD) :

  • CPU : Intel Pentium Dual Core, Setara Atau Diatasmya
  • GPU : On Board 256MB Atau Diatasnya
  • RAM : 2GB (1GB Free) Atau Diatasnya
  • HDD/SSD : 512MB Atau Diatasnya
  • OS : Window XP Atau Diatasnya
  • Networks : Internet For Multiplayer Online/WAN/LAN
  • Program Support : Java 8

Minecraft Minimun System Requirement (NEW) :

  • CPU : Intel Core i3, Setara Atau Diatasmya
  • GPU : On Board 1GB Atau Diatasnya
  • RAM : 4GB (2GB Free) Atau Diatasnya
  • HDD/SSD : 1GB Atau Diatasnya
  • OS : Window 7 Atau Diatasnya
  • Networks : Internet For Multiplayer Online/WAN/LAN
  • Program Support : Java 8

Contoh : Ketika update Minecraft dengan judul Aquatic Update atau v.1.13 game ini sangat memberatkan para player dengan Low-End PC karna desktop mereka yang tidak kuat atau malah crash dan lag saat mencoba versi v.1.13 keatas, seperti gambar dibawah ini.


Mungkin seharusnya developer/publisher game Minecraft ini juga mengutamakan sisi Performance nya tidak hanya pada visualisasinya saja. Karna keluhan hal seperti ini tidak hanya terjadi dalam perangkat desktop tapi juga terjadi pada perangkat lainnya seperti Android/IOS dll.

2. Update Yang Terlalu Sering


Tidak aneh dengan game zaman sekarang dengan update yang sering, memang bagus untuk game seperti ini dengan Player yang cukup banyak dengan developer nya yang masih mengurus dan mengupdate game nya, tetapi game ini juga memiliki genre Single player offline.

Mungkin bagi player offline atau player yang hanya sewaktu-waktu saja untuk terhubung dengan internet mungkin akan kesulitan ketika update yang terlalu sering, karna mereka tidak selalu terkoneksi dengan internet.

Maka dari itu developer/publisher game Minecraft juga harus meminimalisir update yang terlalu sering agar para Player tidak banyak mengeluh tentang update game Minecraft.

3. Bug Chunk Pada World Generating Update 

Seperti yang dibahas pada hal sebelumnya dikarnakan update yang terlalu sering dan cepat mungkin Player yang bermain di versi sebelumnya ingin juga merasakan fitur versi terbaru dari Minecraft dengan world yang sudah dibuat lama pada versi sebelumnya, namun sayangnya ketika Player ingin membawa world versi yang sebelumnya kepada versi yang baru sering kali world tersebut terjadi bug Chunk.

Contoh :  Ketika world Player adalah versi 1.12 dan masuk kedalam game versi terbarunya 1.13 chunk yang berada dalam world tersebut malah berantakan, seperti gambar diatas.

Hal ini seharusnya wajib diperhatikan oleh developer/publisher game Minecraft karna bug ini adalah salah satu keluhan terlama dari para Playet game Minecraft.

4. Mobs Baru Agresif Dan Over Power

Belakangan ini Minecraft mengupdate Mobs baru yang unik dan dapat drop item baru untuk menjadi bahan crafting yang baru juga, namun sayangnya mobs-mobs yang baru tersebut terlalu Over Power.



Contoh salah satunya adalah Warden , mobs yang satu ini bukanlah Passive Mobs atau sebagai hewan peliharaan. Warden juga bukan termasuk Boss Mobs seperti EnderDragon dan Wither. 

Warden adalah salah satu Hostile Mobs yang susah dibunuh selain aggresif mobs yang satu ini juga bisa menyerang Player meskipun terhalang oleh block dengan damage yang cukup sakit dan dapat one hit kill meskipun memakai full diamond armor, belum lagi ditambah dengan mobs yang Agresif lainnya seperti Pillager , Ravager yang sering kali spawn untuk menyerang Village tempat berkumpulnya Villager.

Bagaimana dengan Player yang baru bermain dan belum memiliki item dan armor yang memadai jika bertemu dengan Mobs tersebut, pasti akan kesulitan. Seharusnya developer game meminimalisir dan memberi kondisi pada random spawn mobs tersebut.

5. Update Baru Random Terain

Yang terkahir adalah schema dalam world generator yaitu Terain. Pada update Minecraft dengan judul Cave Update yang berisi tentang penambahan minimal dan maximal pada kedalaman dan ketinggian block untuk world Minecraft agar Player dapat mengekplorasi lebih banyak saat didalam cave maupun diluarnya. 



Mungkin update ini menarik dan menghasilkan terrain yang bagus dan unik, namuna hal ini selain berdampak lag dan crash seperti hal nomor 1 tapi hal ini juga sedikit mengganggu gameplay Minecraft  itu sendiri. Dalam update tersebut terain yang dihasilkan seperti gunung yang tinggi dan juga revin yang sangat dalam menjadi sangat banyak dan luas. Hal ini sangat bahaya saat Player untuk mengksplorasi dan juga karna itu jarang adanya terain untuk dataran luas untuk membangun sebuah base.

Karna game ini bukan sekedar untuk eksplorasi tapi ada juga Craft and Build yang dapat dimainkan dalam game Minecraft. Meminimalisir terain untuk bagian world (kecuali cave) adalah salah satu bagian yang harus dipertimbangkan oleh developer/publisher game ini.


Itulah 5 Fakta Keluhan Player Minecraft. Fakta-fakta tersebut adalah hasil riset dan rangkuman NgareBlog dalam beberapa forum Minecraft yang populer dan bukan hasil karangan sendiri. Siapa tahu saja developer/publisher game ini melihat lalu menanggapi postingan ini dan menanggapi keluhan yang ada.

Jika kalian suka dengan postingan ini silahkan share , komentar , dan like fanspage nya juga.

Terima Kasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama