7 Aturan Baru Dan Penjelasan, Kelayakan Adsense Youtube Partner Program







Google telah mengubah dan mengupdate tentang Aturan dan Kelayakan untuk monetize channel Youtube yang disebut Youtube Partner Program (YPP) atau yang kita kenal Youtube Adsense untuk memonetize video youtube dichannel kita.

Dimulai sejak bulan agustus 2021 lalu memiliki 6 Aturan baru. Namun Google mengupdatenya kembali pada tahun 2022 menjadi 7 Aturan jika ditotalkan.

Pembaharuan Kelayakan Dan Penjelasan Fitur Monetize Youtube Adsense yang saya bagikan disini saya ambil dari bantuan youtube namun saya buat rangkuman agar mudah untuk dipahami oleh pengguna.

Pembaharuan Aturan Kelayakan Dan Penjelasan, Fitur Monetize Youtube Adsense/YPP yaitu :

  1. Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Dalam Akun Google.
  2. Mematuhi dan Menyetujui semua kebijakan monetisasi channel YouTube.
  3. Tinggal pada wilayah/negara yang tersedia Youtube Program Partner.
  4. Tidak memiliki peringatan atau teguran dari pedoman komunitas.
  5. Telah mencapai 4000 jam tanyang yang valid.
  6. Telah mencapai minimal 1000 subscriber yang aktif.
  7. Telah menautkan 1 akun Adsense kepada akun Youtube.
Dibawah ini adalah penjelasan singkat yang saya rangkum juga.

Aturan Dan Penjelasan, Fitur Monetize Youtube Adsense/YPP.


1.Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Dalam Akun Google.

  • Hal ini diwajibkan untuk keamanan akun dan data pengguna. Juga mengantisipasi penyalahgunaan akun dalam hal-hal yang melanggar dan yang tidak di inginkan.

2.Mematuhi dan Menyetujui semua kebijakan monetisasi channel YouTube

  • Kebijakan monetisasi channel YouTube adalah kumpulan aturan yang menentukan bagaimana channel dapat menghasilkan lewat Youtube Partner Program. Sebagai Partner YouTube, menyetujui perjanjian Youtube Partner Program mengharuskan Anda untuk mengikuti kebijakan yang ada.

3.Tinggal pada wilayah/negara yang tersedia Youtube Partner Program.


4.Tidak memiliki peringatan atau teguran dari pedoman komunitas

  • Berbeda dengan Kebijakan. Untuk bergabung dengan program ini, channel harus terlebih dahulu melewati proses peninjauan standar yang memeriksa kepatuhan channel mereka terhadap pedoman komunitas. Pihak Youtube akan terus memantau channel yang bergabung dengan program untuk memastikan kepatuhan yang berkelanjutan terhadap semua kebijakan dan pedoman yang telah dibuat untuk layak mengikuti Youtube Partner Program. Salah satu contoh teguran adalah teguran Copyright.

5.Telah mencapai 4000 jam tanyang yang valid.

  • Tidak semua jam waktu tonton diperhitungkan karna dalam Youtube  Partner Program ada ketentuan Waktu Tonton Valid Dan Tidak Valid yang akan diseleksi oleh Google. Yang akan dihitung sebagai jam waktu tonton publik yang valid adalah Jam waktu tonton video yang Anda tetapkan sebagai video yang telah dipublikasi didalam channel. Video yang diupload akan ditotalkan waktu tontonnya lalu akan valid ketika telah mencapai 4000 jam. Tetapi ada juga Waktu Tonton Youtube Yang Tidak Valid Atau Tidak Dihitung. 

6.Telah mencapai 1000 subscriber aktif. 

  • Jika channel telah mencapai 1000 subscriber berarti channel sudah dapat dan layak mengikuti Youtube Partner Program. Namun jika sebagian besar subscriber channel tidak aktif, kemungkinan besar tidak bisa menjadi mengikuti program ini. Yang dimaksud subscriber aktif adalah subscriber yang sering berkomentar, memberi like, membagikan video , sampai sering muncul ketika channel live streaming dan lainnya. 

7. Telah menautkan 1 akun Adsense kepada akun Youtube.

  • Setelah proses kelayakan sebelumnya telah tercapai channel harus menghubungkan 1 akun Adsense kedalam channel untuk monetize dan menerima pembayar. Tetapi jika anda memiliki lebih dari 1 akun Adsense otomatis anda tidak dapat melanjutkan program ini karna melanggar kebijakan.

Setelah menyetujui persyaratan kelayakan YouTube Partner Program diatas tadi, channel akan otomatis masuk dalam antrean peninjauan. Sistem otomatis dan peninjau manual kami akan meninjau konten channel Anda untuk memeriksa kepatuhan akun Anda terhadap semua pedoman kami. Anda dapat memeriksa status pengajuan permohonan Anda kapan saja didalam Youtube Studio.

Itulah Pembaharuan Aturan Kelayakan Dan Penjelasan, Fitur Monetize Youtube Adsense/YPP yang dirangkum dalam blog ini agar mudah dipahami. 

Apa bila ada kekurangan dan kesalahan mohon dimaklumi karna ini hanyalah rangkuman yang dibuat dari penjelasan asli.

Jika ada pertanyaan atau saran silahkan berkomentar dibawah.



Terima Kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama